Elon Musk soal Pabrikan Mobil China: Paling Kompetitif di Dunia

Selamat datang Olympicresidence-Sentul di Website Kami!

Jakarta – Elon Musk soal Pabrikan Mobil China: Paling Kompetitif di Dunia

Elon Musk, CEO Tesla, mengakui keunggulan pabrikan China. Menurut Musk, produsen mobil Tiongkok kini menjadi yang paling kompetitif di dunia.

Produsen mobil China sedang menjadi sorotan dunia. Apalagi jika berbicara soal mobil listrik. Apalagi belum lama ini, pabrikan asal China, BYD, baru saja menyalip Tesla menjadi merek mobil listrik terlaris di dunia. CEO Tesla Elon Musk juga memiliki penilaiannya sendiri terhadap produsen mobil Tiongkok. Maverick Vinales Sebut Motor Baru Aprilia Belum Stabil di Tes Pramusim MotoGP 2024

Menurutnya, pabrikan mobil China bisa meraih kesuksesan di luar negaranya sendiri. Faktanya, perusahaan tersebut sudah menghadapi persaingan yang ketat dari produsen mobil Tiongkok.

“Produsen mobil Tiongkok adalah produsen mobil paling kompetitif di dunia. Jadi saya pikir mereka akan sukses di luar Tiongkok tergantung pada jenis tarif dan hambatan yang diterapkan,” ujar Musk seperti dilansir CNBC.

Elon Musk mengatakan jika tidak ada kendala yang berarti, terutama dari sisi perdagangan, pabrikan mobil China bisa menghancurkan pabrikan lain di dunia. Ini bukan kali pertama Elon Musk memuji produsen mobil asal Tiongkok.

Tahun lalu, miliarder tersebut mengatakan bahwa produsen mobil listrik Tiongkok juga merupakan yang paling kompetitif di dunia dan akan menjadi perusahaan terbesar di industri mobil global.

“Kalau bisa saya katakan, mungkin beberapa perusahaan asal China kemungkinan besar akan menempati posisi kedua setelah Tesla,” ujarnya lagi.

Elon Musk pernah meremehkan mobil China

Menariknya, sebelum Elon Musk melontarkan pernyataan tersebut, ia justru meremehkan mobil listrik China. Mobil listrik tersebut diproduksi oleh BYD. Musk, dalam wawancara dengan Bloomberg TV pada 2011, menilai mobil listrik tersebut berkualitas rendah. Teknologinya biasa-biasa saja.

BYD baru-baru ini menerima uang tunai segar dari Berkshire Hathaway Warren Buffet, yang membeli 225 juta saham BYD seharga US$232 juta. Saat ditanya apakah BYD akan menjadi pesaing kuat Tesla, Elon tertawa terbahak-bahak dan dengan nada mengejek, Elon bertanya, apakah mobil listrik BYD bisa terlihat di jalan? Elon juga mengatakan BYD tidak akan menjadi pesaing kuat Tesla karena produknya tidak memiliki teknologi yang baik. Elon Musk soal Pabrikan Mobil China: Paling Kompetitif di Dunia

“Apakah kamu melihat mobil-mobil itu?” Elon Musk berkata sambil tertawa. “Saya kira mereka tidak punya produk (EV) yang bagus. Menurut saya produknya tidak terlalu menarik, teknologinya tidak terlalu kuat,” lanjut Elon.

Namun BYD telah membuktikan produknya dapat diandalkan lebih dari 10 tahun lalu bahkan melampaui penjualan Tesla di dunia. Simak video “Saham Tesla Jatuh, Elon Musk Rugi Rp 380 Miliar Semalam” (dry/rgr)