Terpilih Lagi Jadi Calon Rektor, Prof. Komarudin Ambisi Wujudkan UNJ Jadi Kampus Bereputasi Dunia

Wecome Olympicresidence-Sentul di Website Kami!

Jakarta – Profesor. Komarudin terpilih kembali menjadi calon Rektor UNJ masa jabatan 2023-2027 dalam rapat paripurna tertutup Senat UNJ pada 13 Juni 2023. Komarudin, yang saat ini menjabat sebagai rektor kampus, dinilai mengemban visi dan misi keberlanjutan. Dalam rangka persiapan perubahan status UNJ dari Perguruan Tinggi Negeri menjadi Badan Layanan Umum Perguruan Tinggi Negeri (PTN-BLU) menjadi Badan Perguruan Tinggi Negeri (PTN-BH). Terpilih Lagi Jadi Calon Rektor, Prof. Komarudin Ambisi Wujudkan UNJ Jadi Kampus Bereputasi Dunia

Program kerja tersebut juga akan melaksanakan amanat Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) UNJ untuk mencapai World Class University (WCU).

“Program kerja saya tidak terlepas dari misi RPJP ÚNJ. Oleh karena itu, capaian ÚNJ dapat diukur dan terstruktur agar ÚNJ dapat mencapai visi yang tertuang dalam Statuta ÚNJ dan juga terkait dengan program ÚNJ Kementerian Pendidikan],” kata Komarudin dalam sebuah pernyataan. keterangan tertulis kepada Olympicresidence-Sentul pada Rabu, 5 Juli 2023. 10 Prodi dengan Kuota Daya Tampung SNBP Terbanyak di Undip, Hukum hingga Kedokteran

Ia merumuskan tujuh program besar yang disebutnya sebagai Tujuh Pilar Percepatan UNJ yang mempunyai reputasi mendunia, dengan slogan “Reputasi yang hebat untuk mencerahkan bangsa dan dunia”. Tujuh pilar tersebut antara lain: (1) Penguatan kompetensi dasar dan mutu pendidikan pada tingkat standar internasional; (2) hasil penelitian dan P2M yang berdampak pada masyarakat, dunia usaha, dan industri (DUDI), bangsa, dan dunia; (3) penguatan publikasi, sitasi, sumber informasi dan publisitas; (4) penguatan tata kelola dan kinerja universitas; (5) penguatan sumber daya manusia dan keahlian; (6) Optimalisasi aset dan penguatan infrastruktur sistem teknologi informasi untuk menghasilkan pendapatan. (7) Memperkuat peran alumni dan jaringan kerja sama nasional dan internasional.

Ditegaskannya, setiap program kerja tersebut diselaraskan dan dilandasi agar Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terus mensukseskan dan menjawab ‘tiga dosa mematikan pendidikan’ yang kerap menjadi pendorong kampanye Mendikbud. Kebudayaan, Riset dan Teknologi oleh Nadiem Makarim khususnya perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi.

“Contohnya, capaian UNJ saat ini pada pilar pertama program MBKM yaitu “Penguatan Kompetensi Dasar dan Penguatan Mutu Pendidikan Berstandar Internasional” akan terus ditingkatkan melalui perluasan kampus pelatihan yang terakreditasi Nahdlatul Ulama DKI “Magang, Belajar Mandiri , Pertukaran Mahasiswa Wirausaha Mandiri dan Indonesia International Student Mobility Award (IISMA),” kata Komarudin yang juga Ketua Dewan Profesi Manajemen Pusat Himpunan Mahasiswa Universitas Jakarta.

Akibat permasalahan perundungan, kekerasan seksual, dan intoleransi, Komarudin berupaya sekuat tenaga untuk melawannya, salah satunya dengan membentuk Satgas PPKS berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2021. . PPKS dan pembentukan Pusat Pengembangan Manusia dan Peradaban PBB (P3KP) pada tahun 2020.

“Beragam pengalaman dan sharing selama perancangan Kurikulum Pancasila dan Lemhanas di Lembaga Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), serta realitas sosial dunia pendidikan saat ini menjadi salah satu masukan untuk memperkuat UNJ ke depan. Ia mengatakan: Fokusnya, katanya, adalah “menjadikan UNJ kampus yang menjunjung tinggi keberagaman, kesetaraan, dan inklusi, serta memerangi perundungan dan kekerasan seksual.”

“Saya berharap UNJ dapat mewujudkan cita-cita amanah RPJP untuk tetap menjadi kampus humanis yang menciptakan rasa aman, nyaman, tertib, dan sehat bagi sivitas akademika di dalamnya,” imbuhnya.

Jika UNJ berubah status menjadi PTN-BH, maka potensi aset yang dimiliki UNJ akan dikembangkan lebih luas lagi sebagai sumber pendapatan utama, ujarnya. Misalnya pengembangan usaha aset tanah UNJ Setia Budi, Jakarta Selatan; Pembangunan pusat pengembangan bisnis dan Edutechnopark di lahan Duren Sawit Jakarta Timur; Mengembangkan pusat pendidikan dan pelatihan serta usaha kuliner di lahan Tajurhalang di Bogor. Pengembangan aset tanah UNJ di Cikarang, Bekasi; Perkembangan laboratorium UNJ dan sistem IT yang terintegrasi dan saling terhubung telah menghasilkan 26 produk sistem informasi yang saat ini mendukung dan membantu efektivitas dan efisiensi pengelolaan organisasi UNJ.

“PTN-BH sering dikaitkan dengan komersialisasi pendidikan. Untuk itu, saya tegaskan menolak praktik komersialisasi pendidikan, “karena layanan pendidikan tidak bisa dikomersialkan karena mempunyai fungsi mulia dalam meningkatkan pendidikan nasional.” . Terpilih Lagi Jadi Calon Rektor, Prof. Komarudin Ambisi Wujudkan UNJ Jadi Kampus Bereputasi Dunia

Oleh karena itu, ia menegaskan agar kampus tidak bergantung pada rekrutmen mahasiswa selama PTN-BH yang menjadi perhatian masyarakat. Dari sisi kesiapan finansial, pilar keenam, ‘Penguatan infrastruktur sistem teknologi informasi untuk optimalisasi aset dan peningkatan pendapatan’, akan memaksimalkan potensi berbagai aset yang dimiliki ÚNJ.

“Saya berharap kita semua dapat sukses membangun UNJ untuk mewujudkan visi dan misi menjadi kampus ternama di dunia, menghasilkan lulusan berprestasi yang memenuhi kebutuhan era global, dengan tetap terus mewujudkan kampus yang humanis. inklusi dan perlawanan terhadap perundungan dan kekerasan seksual,” katanya. Bahlil curiga ada naskah di balik suara akademisi yang mengkritik Joko Widodo. Bahlil Lahadalia yakin jelang pemilu 2024, para profesor dan akademisi akan mendukung Jokowi. Saya curiga ada naskah yang memaksa saya mengkritik pemerintahan Presiden.Olympicresidence-Sentul 5 Februari 2024